Harianjabar.com

Media online jawa barat | media jawa barat | informasi jawa barat | berita jawa barat | berita bandung | gubernur jawa barat | walikota bandung | walikota bogor | info kuliner jawa barat | Media Jabar | Jabar Online news | Jabar news | Berita online jawa barat | Media online jabar | Info jabar | Harian Jabar.

Musang King hingga Black Thorn, Ini Keistimewaan 5 Durian Termahal

3 min read

Harianjabar.com – Durian terkenal sebagai buah mahal. Di antara banyaknya varietas, ada sejumlah durian yang terkenal premium. Jenisnya Musang King, D-24, hingga Black Thorn!
Durian dikenal dengan sebutan ‘Raja buah’.

Dari segi tampilan saja sudah berbeda dari jenis buah lainnya. Buah ini memiliki kulit berduri yang melingkari pangkal buah dan membentuk seperti mahkota.

Selain karena bentuknya, durian juga disebut ‘King of fruits’ karena harganya jauh lebih mahal dibandingkan buah-buahan lain.

Durian dibanderol mahal karena permintaan tinggi, tapi pasokannya rendah. Selain itu, menurut salah satu pengelola kebun durian di Depok, Pak Gunawan mengungkap “Khusus durian yang bagus perlakuannya ‘manja’.'”

Perawatan buah durian perlu ekstra, terutama varietas-varietas premium. Menanamnya mudah, tetapi perawatanya cukup sulit.

“Tanamnya gak susah, tapi perawatannya yang susah,” jelas Pak Gunawan.

Memang tidak semua harga buah durian mahal. Namun, untuk durian varietas premium, seperti Musang King, D-24, hingga Black Thorn, harganya jauh lebih mahal. Mulai dari Rp 100.000 sampai jutaan rupiah per kilogram!

Varietas durian premium seperti ini juga memiliki ciri khas dan keunggulannya tersendiri. Berikut informasinya:

1. Musang King

Musang King atau dikenal dengan sebutan ‘Mao Shan Wang’ merupakan jenis durian asal Malaysia.

Dulunya varietas durian ini ditemukan di gunung tempat tinggal banyak hewan musang. Akhirnya, varietas ini diberi sebutan Mao Shan Wang yang artinya ‘Raja Kucing.’

Durian dengan kode D197 ini merupakan salah satu durian termahal. Karakteristiknya punya ukuran sangat besar dengan warna daging buah yang kuning keemas-emasan.

Pak Gunawan, pengelola kebun durian di Depok mengungkap, “Musang King ciri khas dagingnya kenyal, manisnya agak lembut atau buttery, bentuk buah duriannya kekuning-kuningan.”

Daging buah durian ini juga dikenal creamy, lembut, dan punya tekstur yang mirip seperti cream custard. Biji durian Musang King umumnya lebih kecil daripada varietas durian lainnya.

Soal harga, memang mahal. Di Indonesia mulai dari Rp 450.000 per kilogram.


2. D-24

Sebelum ditemukannya Musang King, durian D-24 sering menjadi pilihan banyak orang. Durian ini tidak kalah populer karena rasa dan kualitas yang juga premium, tetapi harga lebih terjangkau.

Meskipun sekarang banyak yang lebih minat makan durian, seperti Musang King hingga Black Thorn, tetapi durian D-24 masih populer.

Durian ini berasal dari daerah Bukit Merah, sebuah kota di perbatasan antara Penang dan Perak di Malaysia.

Sejak 1934, varietas ini sudah terdaftar di Kementrian Agrikultur Malaysia. Kemudian pada tahun 1980-1990-an, varietas ini secara cepat menjadi kultivar utama yang diproduksi komersial di Malaysia, lapor specialiyproduce.com.

Durian D-24 memiliki ciri khas daging buah yang tebal dengan rasa perpaduan antara manis kepahit-pahitan, Tekstur buahnya juga creamy lembut, tetapi sedikit berserat.

Durian D-24 bagaikan pilihan tepat jika ingin mencicipi varietas durian Malaysia yang premium, tetapi harganya lebih murah.

Di kebun durian Tapos, Depok, kamu bisa menemukan durian D-24 ini. Harganya pun dibanderol mulai dari Rp 150.000 per kilogram.

3. Black Thorn

Black Thorn merupakan varietas saingan dari Musang King. Namanya diambil dari garis cokelat merah yang membentang di sepanjang bagian tengah durian, dan benang sari warna hitam yang keluar dari bagian bawah kulitnya, lapor says.com.

Warna daging buahnya kuning cerah dan agak oranye. Ukuran dagingnya cukup besar, tebal, dan berkerut. Tekstur daging buahnya juga mirip krim lembut custard.

Rasanya dikenal sangat manis dengan sedikit sentuhan rasa pahit yang segar. Banyak yang mengungkap, daging buah Black Thorn jika dimakan rasanya tidak seberat durian lainnya.

Varietas durian ini jarang ditemukan sehingga harganya menjadi sangat mahal. Dibanderol sekitar Rp 400.000 sampai Rp 450.000 per kilogram. Namun, terkadang harganya bisa lebih mahal dari Musang King.

4. XO
Varietas durian ini memiliki ciri khas yang tidak kalah menarik. Dinamakan durian XO karena memiliki rasa beralkohol yang sedikit pahit karena terjadi fermentasi di dalam cangkangnya.

Menurut DuriAddict, durian XO punya kualitas lebih tinggi dibandingkan D-24, mulai dari usia dan kesegarannya. Diketahui juga, mereka yang makan durian XO mungkin mengalami rasa kantuk karena hasil fermentasi.

Soal rasa, durian ini punya rasa manis dan sedikt beralkohol. Teksturnya lembut dan lebih padat.

Melansir website durianbb.com.my, durian XO per 400 gramnya dibanderol dengan harga RM170.00 atau sekitar Rp 567.000.

5. Red Prawn (Hong Xia / D 175)

Durian red prawn juga menjadi salah satu varietas premium. Durian ini biasanya punya kulit bagian luar berwarna cokelat kemerahan. Mirip dengan semburat merah yang ada pada udang rebus.

Dagingnya juga punya warna oranye kemerahan yang lembut. Rasa daging buahnya dikenal manis creamy di awal, tetapi lama kelamaan muncul rasa pahit. Sedangkan teksturnya lembut dan berserat, mirip seperti keju.

Varietas ini juga tidak bisa ditemukan dengan mudah karena ketersediaan yang terbatas. Harganya relatif mahal, sekitar Rp 489.000 per kilogram.

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *