Harianjabar.com

Media online jawa barat | media jawa barat | informasi jawa barat | berita jawa barat | berita bandung | gubernur jawa barat | walikota bandung | walikota bogor | info kuliner jawa barat | Media Jabar | Jabar Online news | Jabar news | Berita online jawa barat | Media online jabar | Info jabar | Harian Jabar.

Gokil! Produk Dendeng Ini Terjual Rp 3,9 Miliar dalam 4 Menit Saja

3 min read

Harianjabar.com – Kisah sukses penjual makanan selalu mencuri perhatian. Yang terbaru, pengusaha di Malaysia ini berhasil jual produk dendeng terbarunya dalam 4 menit saja. Ia meraup total Rp 3,9 miliar!

Menjual makanan online terbilang susah-susah gampang, tapi kalau sudah menemukan trik yang tepat, bisa jadi untung amat besar. Seperti yang dialami Khairul Aming.

Pengusaha makanan asal Malaysia itu namanya meroket sejak 2021 saat pandemi Covid-19 masih melanda. Ia menjual Sambal Nyet Api, sambal kemasan botol kaca yang laris manis.

Khairul Aming kini mencoba peruntungan lagi dengan meluncurkan produk baru. produknya adalah Dendeng Nyet Berapi yaitu dendeng siap santap yang bisa jadi ide lauk praktis.

Pada 2 Februari 2024, Khairul Aming menjualnya pertama kali di TikTok Shop dengan sistem livestream. Ia optimis produk barunya ini juga disukai.

Riset 1 tahun dan jual perdana 80 ribu produk

Pemilik nama lengkap Khairul Amin Kamarulzaman ini mengatakan butuh waktu 1 tahun untuknya meriset produk baru yang akan diluncurkan.

Ia juga memikirkan penjualan pertama produknya via TikTok Shop. Sebanyak 80 ribu kemasan Dendeng Nyet Berapi disiapkan pria 32 tahun ini. “Target kita menghasilkan RM 1 juta saat hari peluncuran,” katanya.

Khairul bersemangat dapat menjadi penjual tercepat yang mencapai penjualan RM 1 juta di TikTok Shop Malaysia. “Saya sedikit grogi karena ini pertama kali bagi kami menjual produk dalam kuantitas seperti ini, jadi ini tergolong skala besar bagi kami,” tambah Khairul.

Mengenai produknya, Khairul mengatakan sengaja membuat dendeng karena dapat melengkapi produk pertamanya yaitu sambal. Dendeng juga dianggap dapat ‘kawin’ dengan masakan lokal Malaysia lainnya.

Dendeng Nyet Berapi diciptakan untuk mudah dinikmati. Produk makanan ini bisa dibawa traveling karena dikemas dalam pouch yang tahan lama.

Dendeng Nyet Berapi terjual Rp 3,9 miliar dalam 4 menit!

Meski produk dendeng Khairul sudah resmi diluncurkan, tapi ia menganut sistem yang sama dengan penjualan sambalnya. Menurutnya, formula dendeng akan terus disempurnakan berdasarkan masukan pembeli.

Dendeng Nyet Berapi dijual dalam kemasan 180 gram seharga RM14.99 atau sekitar Rp 49.599. Harga ini sedikit lebih mahal dari Sambal Nyet karena produksinya membutuhkan lebih banyak bahan dan waktu.

Dalam penjualan perdananya, Dendeng Nyet Berapi rupanya dapat melampaui target. Sebanyak 80 ribu produknya ludes dalam waktu hampir 4 menit, tepatnya 3 menit 39 detik.

“Kami berhasil. Penjualan RM 1,2 juta (Rp 3,9 miliar) menjadi yang tercepat di TikTok Shop Malaysia,” kata Khairul. Ia pun mengucapkan terima kasih pada semua pendukungnya.

Banyak tokoh terkenal di Malaysia juga memuji pencapaian ini. Salah satunya penyanyi Siti Nurhaliza yang meninggalkan komentar di unggahan Instagram Khairul Aming. “Terbaikkk,” katanya dengan emoji tepuk tangan.

Fokuskan penjualan di TikTok

Khairul Aming kini sukses di dunia bisnis kuliner, setelah ia berhenti dari pekerjaannya sebagai insinyur minyak dan gas pada 2020. Bermula sebagai konten kreator, kini ia berhasil mengelola 2 pabrik di Kelantan dengan jumlah pegawai sekitar 100.

Diakui Khairul penggunaan mesin dalam proses produksi membuat ia mampu menghemat banyak hingga menjual produknya dengan harga miring. “Kami akan selalu berusaha mencari cara terbaik untuk membuat harga produk kami mudah dijangkau,” katanya.

Saat ini, ia juga memfokuskan penjualan di online seperti TikTok alih-alih menjualnya di pengecer dan supermarket lokal. Menurutnya cara ini membuat ia lebih mudah mengontrol logistik produknya.

“Saat ini saya fokus menjual produk di TikTok Shop via livestream. Tahun lalu, 70 persen pendapatan kami dari TikTok berasal dari livestream,” ungkapnya.

Khairul menambahkan, “Bisa dibilang margin yang saya dapat dari TikTok sekitar 60 persen sedangkan di platform lain sekitar 40 persen dan kami perkirakan akan tumbuh hingga 70 persen dengan peluncuran produk kedua.”

Khairul mengungkap Dendeng Nyet Berapi miliknya akan tersedia secara eksklusif di TikTok Shop selama peluncurannya. Ia mungkin akan memasangnya di platform belanja lain tergantung permintaan masa mendatang.

Terkait rencana ke depannya, Khairul berencana memperkenalkan tiga hingga lima produk lagi. Ia dan tim akan mulai meneliti produk ketiganya setelah Idul Fitri tahun ini.

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *