Harianjabar.com

Media online jawa barat | media jawa barat | informasi jawa barat | berita jawa barat | berita bandung | gubernur jawa barat | walikota bandung | walikota bogor | info kuliner jawa barat | Media Jabar | Jabar Online news | Jabar news | Berita online jawa barat | Media online jabar | Info jabar | Harian Jabar.

5 Pantai Terdekat dari Cimahi, Cocok Buat Liburan bareng Keluarga

3 min read

Harianjabar.com- Ketika bosan melihat pemandangan gunung yang hijau, tak ada salahnya untuk bermain ke pantai demi melihat birunya lautan. Namun, bagi warga Cimahi dan sekitarnya, agak sulit untuk bisa merasakan pasir pantai yang halus.
Tapi jangan khawatir, sebenarnya ada sejumlah pantai yang terdekat dari Kota Cimahi. Apa saja pantai tersebut? Simak daftarnya di bawah ini.

Pantai Terdekat dari Cimahi
Berlibur ke pantai bisa menjadi pilihan terbaik buat detikers yang butuh healing. Kamu bisa mengajak keluarga, teman-teman, atau pasangan agar liburan makin seru.

Nah, detikJabar telah merangkum daftar pantai yang terdekat dari Cimahi. Simak ulasannya berikut ini.

1. Pantai Rancabuaya

Daftar yang pertama ada Pantai Rancabuaya. Lokasinya berada di Kabupaten Garut, sehingga jaraknya cukup jauh jika ditempuh dari Kota Cimahi.

Menurut Google Maps, waktu tempuh dari Kota Cimahi menuju Pantai Rancabuaya sekitar 4 jam dengan berkendara mobil via Jalur Ciwidey-Cidaun. Waktu tempuh bisa lebih lama jika kamu berkunjung saat musim liburan.

Salah satu daya tarik dari pantai ini adalah air lautnya yang memiliki tiga warna yang kontras. Kalau dilihat dari dekat, air lautnya begitu jernih.

Namun jika dilihat dari udara, air laut akan terlihat memiliki perpaduan tiga warna, yaitu putih, hijau, dan biru tua. Hal ini disebabkan oleh sejumlah faktor geografis.

Pantai Rancabuaya dikelola dengan baik. Terdapat sejumlah fasilitas umum yang cukup lengkap, seperti toilet, kamar mandi untuk bilas, gazebo, hingga musholla. Warga sekitar juga menjual berbagai kuliner lezat bagi wisatawan yang berkunjung.

2. Pantai Tirtamaya
Pantai Tirtamaya terletak di utara Pulau Jawa. Pantai ini berlokasi di Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Daya tarik dari pantai ini adalah pemandangan lautnya yang indah serta ombak yang cukup tenang. Meski begitu, tetap hati-hati saat berenang.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Tirtamaya juga cukup lengkap, mulai dari toilet, kamar mandi bilas, penyewaan ban berenang, hingga sewa perahu. Kalau lapar, warga setempat juga membuka warung dengan menjajarkan berbagai makanan dan minuman lezat.

Jika detikers tertarik berkunjung ke Pantai Tirtamaya, waktu tempuhnya sekitar 3,5 hingga 4 jam dengan berkendara mobil via Cileunyi, kemudian masuk ke Tol Cisumdawu.

3. Pantai Balongan Indah
Masih di sekitar Kabupaten Indramayu, terdapat sebuah pantai yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, yakni Pantai Balongan Indah. Jika berniat liburan ke sini, sebaiknya datang saat hari kerja (weekdays) atau sejak pagi hari ketika akhir pekan.

Pengunjung yang datang dikenakan tiket masuk. Berikut rincian harga tiketnya:

Senin-Jumat

Dewasa: Rp 10.000
Anak-anak: Rp 7.500
Sabtu-Minggu

Dewasa: Rp 12.500
Anak-anak: Rp 10.000
Hari libur nasional/tanggal merah

Dewasa: Rp 15.000
Anak-anak: Rp 12.500
Fasilitas di Pantai Balongan Indah terbilang lengkap, mulai dari toilet, kamar mandi untuk bilas, musholla, tempat parkir luas, hingga gazebo. Ada juga tempat penyewaan ban berenang dan alas tikar bagi kamu yang ingin duduk santai di pinggir pantai.

Kalau perut sudah lapar, di kawasan wisata Pantai Balongan Indah juga tersedia berbagai makanan dan minuman, seperti bakso, mie ayam, hingga es kelapa segar.

Waktu tempuh dari Kota Cimahi menuju Pantai Balongan Indah sekitar 3 jam dengan mengendarai mobil. Kamu akan diarahkan melalui Tol Cisumdawu agar lebih cepat.

4. Pantai Santolo

Di pesisir Selatan pulau Jawa, terdapat sebuah pantai yang menarik untuk dikunjungi, yakni Pantai Santolo. Terletak di Kabupaten Garut, pantai ini menyajikan suasana alam yang indah dan menenangkan, cocok buat kamu yang ingin healing.

Pantai Santolo juga dilengkapi sejumlah fasilitas umum seperti toilet, kamar mandi bilas, musholla, rumah makan, hingga warung. Oh ya, kamu juga bisa menyewa perahu dan bermain speed boat.

Sayangnya, waktu tempuh dari Kota Cimahi menuju Pantai Santolo cukup jauh, yakni sekitar 4,5 jam dengan mengendarai mobil. Apabila detikers berniat datang ke sini, sebaiknya singgah beberapa kali agar tidak cepat lelah.

5. Pantai Sayang Heulang

Rekomendasi yang terakhir adalah Pantai Sayang Heulang. Lokasinya hanya sekitar 5 kilometer dari Pantai Santolo, sehingga bisa dijadikan pilihan alternatif untuk liburan bersama keluarga.

Selain memiliki pemandangan laut yang biru dan memukau, di Pantai Sayang Heulang terdapat gundukan pasir yang eksotis sehingga kerap dijuluki ‘Sahara van Garut’. Sekilas, gundukan pasir ini mirip dengan Parangkusumo di Bantul, Yogyakarta.

Daya tarik lainnya dari tempat ini adalah dapat menyaksikan matahari terbenam (sunset) yang begitu indah. Di sekitar pantai juga terdapat penginapan dengan harga terjangkau, cocok untuk kamu yang enggan pulang-pergi dari Kota Cimahi.

Fasilitas yang disuguhkan juga lengkap, mulai dari toilet, kamar mandi bilas, musholla, tempat penginapan, tempat parkir luas, hingga rumah makan. Untuk harga tiket masuknya sebesar Rp 10.000 per orang.

Waktu tempuh dari Kota Cimahi menuju Pantai Sayang Heulang sekitar 4,5 jam dengan berkendara mobil. Persiapkan diri dan kendaraan dalam kondisi prima, karena jalan yang dilalui cukup ekstrem.

Itu dia lima pantai terdekat dari Kota Cimahi. Tertarik untuk berkunjung ke salah satu pantai di atas?

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *