Harianjabar.com

Media online jawa barat | media jawa barat | informasi jawa barat | berita jawa barat | berita bandung | gubernur jawa barat | walikota bandung | walikota bogor | info kuliner jawa barat | Media Jabar | Jabar Online news | Jabar news | Berita online jawa barat | Media online jabar | Info jabar | Harian Jabar.

5 Minuman Penambah Imunitas agar Tak Mudah Sakit Saat Puasa

3 min read

Harianjabar.com – Saat puasa, penting menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah sakit. Salah satu caranya melalui konsumsi 6 minuman penambah imunitas yang alami dan rasanya enak berikut ini.

Di tengah bulan puasa dan perubahan cuaca yang kerap ekstrem, dari terik ke hujan atau sebaliknya, penting memastikan tubuh punya sistem imun yang kuat. Dengan begitu, kamu tak akan mudah jatuh sakit.

Sistem imun tubuh adalah sistem pertahanan alami tubuh yang terdiri dari sel, jaringan, dan organ yang membantu melindungi tubuh dari bakteri, virus, jamur, dan zat berbahaya lainnya.

Sistem imun tubuh menjadi penghalang untuk mencegah penyakit memasuki tubuh dan memiliki sistem sel yang rumit untuk melawan patogen jika menemukan cara untuk memasuki tubuh.

Menerapkan pola hidup sehat adalah kunci untuk menciptakan sistem imun tubuh yang kuat. Salah satu caranya dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang memang memperkuat sel-sel imun tubuh.

inilah 5 minuman penambah imunitas yang bisa kamu jadikan andalan untuk mencegah mudah sakit saat puasa:

1. Air putih

Kebutuhan air putih harian penting dicukupi, sekalipun saat puasa. Usahakan minum air putih yang cukup saat buka puasa hingga jelang sahur. Hal ini karena tubuh kita mengandung sekitar 60-70% air.

Dengan membuat tubuh terhidrasi, maka pertumbuhan bakteri dan virus bisa terelakkan. Selain itu, air merupakan komponen penting dari cairan limfatik, yang menghasilkan sel darah putih yang membantu melawan infeksi.

Konsumsi air putih pun amat disarankan pakar kesehatan saat pandemi Covid-19 merajalela beberapa tahun lalu. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Medical Hypotheses melaporkan bahwa individu yang tercatat mengalami dehidrasi sebelum tertular COVID 19 memiliki peningkatan risiko kematian akibat COVID-19.

2. Teh hijau
Teh hijau adalah cara alami dan menyenangkan untuk menambah imunitas tubuh. Teh hijau kaya akan polifenol flavonoid yang bermanfaat untuk kesehatan, mulai dari mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker tertentu, hingga mengatasi peradangan sistemik.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Molecules, konsumsi teh hijau memperkuat sistem imun tubuh melalui antioksidan yang membantu melindungi sel dari oksidasi dan spesies oksigen reaktif.

Teh hijau dianggap mampu mencegah penyakit dan infeksi melalui kapasitas antioksidannya serta banyak cara lain. Jenis teh ini juga bebas kalori dan jadi minuman sehat favorit banyak orang sejak dulu.

3. Teh jahe lemon

Kabar baik untuk pencinta teh jahe karena minuman favoritnya juga bermanfaat menambah imunitas tubuh. Tambahkan lemon agar rasanya lebih nikmat dan nutrisinya lebih lengkap.

Cara buatnya mudah, tinggal rebus parutan jahe dan air perasan lemon bersama air hingga mendidih. Bisa juga tambahkan sereh atau kulit lemon agar lebih nendang rasanya.

Teh jahe lemon kaya vitamin C, antioksidan yang terkenal hebat melindungi sel dari kerusakan oksidatif. Vitamin C juga memberikan sifat anti-inflamasi dan membantu menolak respons imun negatif, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Antioksidan.

Sementara jahe mengandung lebih dari 100 senyawa bioaktif yang membantu mengurangi mual, mencegah risiko kanker tertentu, meningkatkan lipid darah, mengurangi peradangan dan banyak lagi, seperti diungkap dalam jurnal Nutrients.

4. Jus jeruk 100% alami
Jus jeruk bisa jadi pilihan untuk menambah imunitas, tapi pilih yang terbuat dari 100% jeruk alami. Jangan pilih jus jeruk kemasan karena khawatir ditambahkan banyak gula dan bahan tambahan lain.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Frontiers in Immunology, vitamin C dan folat dalam jus jeruk menjaga integritas pertahanan kekebalan dan melindungi banyak jenis sel kekebalan tubuh, termasuk sel pembunuh alami dan sel T. Terlebih lagi, senyawa bioaktif pada jeruk memiliki efek anti inflamasi untuk mendukung kekebalan tubuh.

5. Jus Tomat

Pencinta buah juga bisa membuat jus tomat sebagai minuman penambah imunitas. Jus tomat kaya akan vitamin C serta likopen, antioksidan karotenoid yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan dikenal membantu meredakan peradangan sistemik.

Jus tomat yang menyegarkan akan memberikan asupan vitamin C yang sama dengan sup tomat. Untuk menjaga kadar natrium tetap terkendali, carilah jus tomat rendah sodium. Hindari juga yang ditambahkan banyak gula.

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *