Harianjabar.com

Media online jawa barat | media jawa barat | informasi jawa barat | berita jawa barat | berita bandung | gubernur jawa barat | walikota bandung | walikota bogor | info kuliner jawa barat | Media Jabar | Jabar Online news | Jabar news | Berita online jawa barat | Media online jabar | Info jabar | Harian Jabar.

MK Bacakan Putusan Sengketa Pilpres 2024 Hari Ini

3 min read

Harianjabar.com – Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang pembacaan putusan sengketa hasil Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 hari ini. Pembacaan putusan ini digelar usai MK melaksanakan serangkaian sidang untuk mendengar gugatan, pemeriksaan saksi dan ahli hingga meminta keterangan dari empat menteri.

Sidang pembacaan putusan sengketa Pilpres 2024 akan digelar oleh MK. Berikut jadwalnya:

Hari, tanggal: Senin, 22 April 2024
Waktu: 09.00 WIB

Ada dua putusan yang akan dibacakan oleh MK dalam sidang mendatang, yakni terhadap permohonan dari Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Sidang Digabung di Ruang Sama
MK pun telah mengirimkan surat panggilan kepada para pihak untuk menghadiri sidang putusan sengketa Pilpres 2024. Ada delapan surat yang dikirimkan oleh MK.

“Panggilan sudah dikirimkan kepada seluruh pihak, baik perkara nomor 1 dan nomor 2. Panggilannya sama, jam atau pukul 09.00 WIB di ruang sidang pleno,” kata Juru Bicara MK Fajar Laksono, di gedung MK, Jakarta Pusat.

Fajar mengatakan sidang pembacaan putusan akan dilakukan dalam satu ruangan yang sama. Ia menyebut akan ada dua putusan dari dua perkara.

“Iya ada dua putusan. Digabung di ruang sidang yang sama, dalam satu majelis yang sama,” ujarnya.

Selain itu, Fajar menyebut MK akan melakukan konfirmasi kehadiran terhadap para pihak dalam 1 hingga 2 hari mendatang. Dia mengatakan para pihak yang hadir akan dibatasi sebanyak 14 orang dari masing-masing para pihak.

“Kita panggil, nanti dalam waktu 1-2 hari kita konfirmasi siapa yang mau hadir, disesuaikan kuota kursi di ruang sidang kan begitu, seperti sidang-sidang sebelumnya,” jelas dia.

7.783 Personel Polisi Bersiaga
Mahkamah Konstitusi (MK) akan membacakan putusan terkait sengketa Pilpres 2024 besok. Polri menyiagakan sebanyak 7.783 personel dalam rangka pengamanan kegiatan masyarakat yang akan menyampaikan pendapat di sekitar lokasi MK.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mengatakan, dari 7783 Personel yang disiagakan akan dibagi di beberapa sektor. Di antaranya sektor MK, sektor Bawaslu RI, dan Sektor Monas.

Ade Ary mengungkapkan bahwa rekayasa lalu lintas nantinya bersifat situasional tergantung kondisi di lapangan. Jika eskalasi meningkat dan diperlukan, selanjutnya akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas.

“Maka kami imbau untuk masyarakat yang akan melintas di depan gedung MK untuk mencari jalan alternatif lainnya karena akan ada aksi penyampaian pendapat di depan gedung MK,” kata Ade Ary

Lebih lanjut, Ade Ary mengimbau para peserta aksi unjuk rasa memperhatikan hak-hak masyarakat lain.

“Kami mengimbau, siapa saja yang akan menyampaikan pendapat di muka umum, sebagaimana diatur dalam undang-undang pernyataan pendapat hak setiap warga negara,” tuturnya.

“Tentunya harus memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya, sehingga aturan dalam undang-undang memberikan persetujuan di muka umum harap dipatuhi,” imbuhnya.

Minta Warga Kondusif
Mahkamah Konstitusi (MK) akan membacakan putusan terkait gugatan sengketa hasil Pilpres 2024 hari ini. Polda Metro Jaya meminta masyarakat untuk menjaga situasi kondusif.

“Agar Poskamling ditingkatkan keaktifannya sebagai upaya menjaga situasi kondusif, aman dan sejuk menjelang pengumuman resmi hasil sengketa pilpres oleh MK,” kata Dir Binmas Polda Metro Jaya Kombes Badya Wijaya saat melakukan kegiatan cooling system dan asistensi Poskamling di wilayah Cimanggis, Depok seperti dikutip dalam keterangannya, Minggu (21/4).

Kegiatan cooling system dan asistensi Poskamling juga dihadiri Kapolsek Cimanggis Kompol Judika Sinaga, Kanit Bimmas Cimanggis Iptu Yus Witandri hingga tokoh masyarakat.

Badya juga meminta masyarakat untuk proaktif ikut serta dalam kegiatan siskamling. Hal tersebut, katanya, untuk meningkatkan keamanan khususnya kasus pencurian kendaraan bermotor yang marak terjadi.

Dalam kesempatan tersebut, Badya juga mewanti-wanti agar masyarakat tidak mudah percaya informasi hoax atau bohong. Dia meminta masyarakat untuk mengecek setiap informasi yang diterima.

“Menghimbau agar bijak dalam bermedia sosial agar tidak mudah terprovokasi dengan berita hoax dan dapat memilah kebenaran berita baik yang hoax serta berita yang sebenarnya,” ujarnya.

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *