Harianjabar.com

Media online jawa barat | media jawa barat | informasi jawa barat | berita jawa barat | berita bandung | gubernur jawa barat | walikota bandung | walikota bogor | info kuliner jawa barat | Media Jabar | Jabar Online news | Jabar news | Berita online jawa barat | Media online jabar | Info jabar | Harian Jabar.

Banyak yang Belum Tahu, Inilah Manfaat Makan 6 Siung Bawang Putih Panggang

2 min read

Harianjabar.com- BAWANG putih adalah salah satu umbi-umbian yang sudah sangat familiar bagi masyarakat Indonesia.

Selain dikenal sebagai bumbu masakan, bawang putih ternyata bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaat baik tersebut sebagian besar didapatkan dalam beberapa kandungan bawang putih, di antaranya serat, protein, mangan, vitamin C, selenium, kalsium dan antioksidan.

Salah satu cara untuk mengonsumsi bawang putih adalah dengan memanggangnya.

Namun, tahukah Anda apa yang terjadi dalam tubuh setelah mengonsumsi 6 siung bawang putih panggang?

Berikut adalah penjelasan manfaat makan 6 siung bawang putih panggang berdasarkan informasi dari akun Instagram Dr.Zaidulakbarresep.

Manfaat makan 6 siung bawang putih panggang, ini efeknya dalam tubuh 24 jam.

Begini Penjelasannya

1 Jam Setelah Mengonsumsi:

Setelah sekitar satu jam mengonsumsi 6 siung bawang putih panggang, bawang putih masih dicerna di dalam perut sebagai makanan dengan khasiat ajaib.

Nutrisi yang terkandung dalam bawang putih mulai diserap oleh tubuh dan disalurkan ke seluruh tubuh.

2-4 Jam Setelah Mengonsumsi:

Dalam rentang waktu 2-4 jam, bawang putih panggang yang telah dikonsumsi mulai membantu tubuh melawan radikal bebas dan sel kanker yang ada di dalam tubuh.

Bawang putih kaya akan senyawa antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

4-6 Jam Setelah Mengonsumsi:

Setelah 4-6 jam, manfaat mengonsumsi bawang putih panggang untuk metabolisme tubuh sudah mulai terlihat.

Bawang putih membantu mengaktifkan proses menghilangkan kelebihan cairan dan membakar lemak dalam tubuh, sehingga berpotensi membantu dalam upaya penurunan berat badan.

6-7 Jam Setelah Mengonsumsi:

Sifat antibakteri pada bawang putih juga sudah tercampur melalui aliran darah ke seluruh tubuh setelah 6-7 jam.

Sifat anti-bakteri ini membantu melawan bakteri dalam tubuh, sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi.

7-10 Jam Setelah Mengonsumsi:

Hampir 10 jam setelah mengonsumsi, nutrisi yang terkandung dalam bawang putih berperan penting dalam meningkatkan sel dan melindungi tubuh dari oksidasi.

Antioksidan dalam bawang putih dapat membantu melawan proses penuaan dan menjaga kesehatan sel tubuh.

10-24 Jam Setelah Mengonsumsi:

Setelah 10 jam lebih, bawang putih panggang membantu proses pembersihan di dalam tubuh. Ini termasuk melindungi dari penyakit kardiovaskular, mengontrol tekanan darah tinggi dan rendah, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan kekuatan tulang, dan bahkan meningkatkan umur panjang sel.

Bawang putih mengandung senyawa-senyawa seperti allicindiallyl disulfide, dan saponin, yang memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antibakteri.

Senyawa-senyawa ini berperan dalam berbagai proses biologis dalam tubuh, termasuk melawan radikal bebas, meredakan peradangan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, bawang putih juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin B6, mangan, dan selenium, yang semuanya berkontribusi pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dengan demikian, mengonsumsi 6 siung bawang putih panggang dalam sehari dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan yang signifikan bagi tubuh Anda.

Namun, penting untuk diingat bahwa konsumsi dalam jumlah yang berlebihan juga dapat menyebabkan efek samping seperti gangguan pencernaan atau reaksi alergi pada beberapa individu.

Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum memasukkan jumlah bawang Putih yang besar dalam diet Anda.

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *