Harianjabar.com

Media online jawa barat | media jawa barat | informasi jawa barat | berita jawa barat | berita bandung | gubernur jawa barat | walikota bandung | walikota bogor | info kuliner jawa barat | Media Jabar | Jabar Online news | Jabar news | Berita online jawa barat | Media online jabar | Info jabar | Harian Jabar.

5 Fakta Unik Segarnya Matcha yang Ternyata Minuman Favorit Samurai

3 min read

Harianjabar.com – Segarnya matcha populer digemari kawula muda. Ternyata di masa lampau matcha justru menjadi minuman favorit para Samurai. Ini beberapa fakta unik.

Kesegaran dari racikan segelas matcha kini punya banyak jenisnya. Ada yang dibuat sebagai matcha latte, es krim, maupun dicampur dengan kopi seperti matcha espresso.

Memiliki rasa yang berbeda dengan teh biasa, penggemar matcha terbilang cukup subjektif. Walaupun begitu popularitas matcha terus merangkak naik dan tidak kalah saing dengan makanan atau pun minuman kekinian lainnya.

Ternyata di negara asalnya, matcha bukan minuman yang baru hadir pada generasi milenial. Matcha punya perjalanan panjang yang bahkan sempat menjadi minuman favorit para Samurai.

Berikut ini 5 fakta unik matcha menurut Japan Objects:

1. Berasal dari ketidaksengajaan
Matcha ternyata tidak sepenuhnya berasal dari Jepang. Pada akhir abad ke-12 matcha masuk ke Jepang setelah dibawa dari China dan diproses dengan cara dipanggang serta dihancurkan daunnya.

Berbagai cara dilakukan oleh orang Jepang saat itu untuk mulai membudidayakan matcha dan menghasilkan jenis dengan warna yang pekat serta rasa yang lebih enak. Akhirnya para petani teh menemukan teknik untuk menanam pohon teh matcha di antara jerami.

Hasilnya pohon teh matcha memproduksi klorofil yang lebih banyak karena kekurangan paparan cahaya matahari. Berbagai percobaan demi percobaan dilakukan, sampai akhirnya ditemukan teknik memetik manual dengan tangan dan meraciknya secara tradisional dapat menghasilkan rasa matcha terbaik.

2. Minuman para Samurai
Legenda Samurai, para bangsawan militer dengan senjata pedangnya yang khas, ternyata tak hanya membutuhkan keahlian khusus. Mereka juga harus handal mengelola emosi untuk mengendalikan pikiran dan tubuhnya fokus melawan musuh.

Untuk menenangkan tubuh dan pikirannya para Samurai ternyata belajar dari biksu Buddha pada abad ke-13. Mereka mengonsumsi matcha untuk membantu menyiapkan fisik maupun mental dalam pertarungan.

Ada beberapa aturan ketat yang sengaja diterapkan bagi Samurai untuk berlatih wabi yang artinya belajar menyeduh dan mengonsumsi matcha. Akhirnya hingga berabad-abad setelahnya filosofi matcha tetap memiliki perayaan yang khusus.

3. Disebut sebagai cairan meditasi
Teh secara alami memiliki komponen stimulan yang dapat membantu menenangkan tubuh. Praktik memanfaatkan matcha sebagai alat untuk meditasi pertama kali dilakukan oleh para biksu buddha.
Matcha dapat memberikan sensasi sentuhan penenang dari komponen yang terkandung secara alami. Sensasi dapat menenangkan mental dengan cara kerja yang mirip dengan proses relaksasi pada praktik meditasi.

Setelah mulai digunakan dalam berbagai proses meditasi, akhirnya matcha selalu diandalkan untuk menjaga konsentrasi para biksu. Hingga kini matcha juga digunakan sebagai minuman saat praktik yoga maupun meditasi modern.

4. Karakteristik yang langka

Matcha disebutkan menjadi satu-satunya teh yang membutuhkan trik pembuatan khusus. Matcha tidak seperti teh lain yang hanya butuh diseduh dengan air panas atau dicelup-celup saja.

Terbuat dari daun teh yang dihancurkan membuat matcha membutuhkan alat khusus untuk meramunya. Alat bernama chasen yang terbuat dari bambu yang diiris dan diserut didesain khusus untuk melarutkan matcha agar hasilnya larut merata dan foamy.

Hanya ada satu jenis teh di dunia yang memiliki metode seperti penyeduhan matcha ini dan itu adalah matcha. Hal ini membuat matcha semakin spesial karena teknik harus dipelajari secara khusus.

5. Dianggap sebagai ramuan Dewa
Disamping kandungan alaminya yang memang menyehatkan, sejak masa lampau matcha juga dianggap sebagai asupan menyehatkan mirip ramuan herbal. Kandungan katekin dan polifenol pada matcha memiliki manfaat antioksidan yang luar biasa.

Konsumsi matcha disebut dapat menjaga tubuh dari risiko kanker, penyakit kardiovaskular, menurunkan kolesterol, hingga mengendalikan tekanan darah. Jika dikonsumsi secara rutin ternyata matcha juga berkhasiat untuk membantu program diet dan menurunkan berat badan secara efektif.

Matcha dapat memaksimalkan pembakaran lemak dengan cara meningkatkan metabolisme di dalam tubuhnya. Uniknya seluruh kandungan matcha ini 100% alami dan tidak nutrisinya tidak mudah rusak walaupun diseduh air panas.

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *